upcoming event

Pertunjukan Musikal “Krontjong Mendoet”

Pertunjukan Musikal “Krontjong Mendoet”
Waktu : Senin dan Selasa, 27-28 Februari 2012, pk. 20.00WIB
Tempat : Teater Garasi. Jl. Bugisan Selatan No. 36a. Tegal Kenongo. Yogyakarta 55181
Tiket : Rp20.000,- dan Rp35.000,- (bonus CD lagu ‘Krontjong Mendoet’)

Krontjong Mendoet adalah bagian proyek seni pertunjukan dan seni rupa yang tengah dilakukan kumpulan seniman (artist-collective) Teater Garasi, yang bertolak dari observasi dan kajian atas “kenyataan ketiga” dan “kebudayaan di antara” di Indonesia. Melalui serangkaian riset dan observasi lapangan yang sedang dan akan ditempuh di beberapa kota di Indonesia (Yogyakarta, Indramayu, Wonosari, Pati), proyek ini bermaksud menelusuri premis:

bahwa kebudayaan Indonesia selalu berada dalam situasi ‘antara’ (in between). Atau, selalu berada dalam keadaan perpindahan (state of transition). Perpindahan dari pre-kolonial ke masa kolonial, masa kolonial ke pasca-kolonial; dari kebudayaan agraris ke industrial, industrial ke post-industri; dari kebudayaan dan kosmologi desa ke kebudayaan dan kosmos kota; dari Orde Lama ke Orde Baru ke Masa Reformasi …

Demikian pula dengan musik tradisional Jawa yang adalah hasil proses pertemuan dengan banyak kebudayaan lain—hasil sesilang budaya yang tampaknya tak akan pernah selesai dan terus-menerus menumbuhkan jenis-jenis yang baru. Salah satunya adalah Langgam Jawa. Langgam Jawa merupakan bentuk adaptasi musik keroncong ke dalam idiom musik tradisional Jawa, khususnya gamelan. Genre ini masih dapat digolongkan sebagai keroncong.

Dalam pertunjukan Krontjong Mendoet, Gunawan Maryanto (penulis naskah dan sutradara) berkolaborasi dengan Keroncong Irama Tongkol Teduh akan mengolah musik kroncong sebagai idiom pertunjukan yang utama dan mengawinkannya dengan bentuk pertunjukan kontemporer. Kisah Rara Mendut yang klasik akan dihadirkan dalam bentuk yang sederhana dan menarik tanpa meninggalkan tautan-tautannya dengan kekinian. Pertunjukan ini akan diadakan di Teater Garasi pada 27 dan 28 Februari 2009 pukul 20.00 WIB.

Pemesanan tiket:
Hani : 0274-415844/085.747.532.000

Tim “Krontjong Mendoet”:
Agus Salim Gunawan, Ardetya Eka Sunu, Ega Kuspriyanto, Erwin Zubiyan, Gunawan Maryanto, Irfanuddien Ghozali, Naomi Srikandi, Reni Karnila Sari, Samsul Islam, Sigit Sky Sufa, Surya Diwa Wira Hutomo, Theresia Wulandari, Verry Handayani, Yuniawang Setyadi