ETHNICTRO

Workshop Musik Komputer:

Pemrograman Musik Secara Langsung dengan Sonic_pi

Sonic_pi adalah sebuah software berbasis pemrograman langsung yang dibuat dan dikembangkan oleh Sam Aaron (@samaaron) di University of Cambridge Computer Laboratory berkolaborasi dengan Raspberry Pi Foundation. Sonic Pi pada awalnya dibuat untuk menunjang komputasi dan pelajaran musik di sekolah-sekolah, dan juga untuk membantu siapapun agar dapat menyadari bahwa pemrograman tidaklah sebuah kegiatan yang rumit atau membosankan saja, namun juga dapat menghasilkan sesuatu hal yang menarik dan menyenangkan untuk ekspresi, kreatifitas manusia, dan juga bermusik.

Workshop ini akan dibagi menjadi dua sesi yang akan membahas beberapa hal dalam pemrograman musik menggunakan Sonic Pi. Hal-hal yang mungkin dapat menjadi langkah awal dari dunia pemrograman untuk musik yang sangat luas. Penonton menjadi observant pasif selama kegiatan workshop berlangsung dan menjadi peserta workshop aktif sekaligus berpartisipasi dalam proses kegiatan workshop.

Workshop oleh:

RANGGA PURNAMA AJI 
Sejak SMP, ia cukup aktif dengan hobi menulis lagunya sebelum tinggal di Yogyakarta dan lebih fokus pada komposisi musik. Dia memiliki dua proyek duo eksperimental, Riuhlääri dengan Leon Bruhin dari Swiss dan Kikel dengan Clarentino Triadi dari Indonesia. Dia vokalis utama di band metalnya bernama Bullskin dan juga memiliki proyek eksperimental/noise solo bernama Stakhabahd.
bandcamp
youtube


WhatsApp chat Kirim Pesan