ETHNICTRO

Lembaga kreatif mandiri yang didirikan pada tahun 2008 sebagai salah satu ruang terbuka di Yogyakarta terutama untuk musik dan bunyi sebagai sarana ekspresi, edukasi, serta praktik kolaboratif dan lintas disiplin. Memfasilitasi ide/gagasan, lokakarya, kunjungan belajar, maupun pertunjukan untuk khalayak luas dengan program yang berpusat pada bimbingan dan upaya penjangkauan masyarakat. Menciptakan proyek partisipatif yang bertujuan untuk menarik khalayak baru, dan memberi kesempatan untuk terlibat dan bergabung dalam pengalaman bersama, mengeksplorasi bahan, teknik, dan gagasan baru. 

Program-program kami didanai melalui kursus musik reguler, penjualan cinderamata, dan pendanaan dari para anggota yang kemudian mampu memberikan dukungan berupa ruang kerja atau studio, peralatan, produksi, residensi, dan dukungan lainnya kepada para seniman, musisi, praktisi bunyi, pendidik seni dan yang lainnya. Saat ini kami juga sedang mengatur beberapa proyek dan menyebarkan ide melalui program-program yang sebagian besar bebas diakses oleh masyarakat luas sehingga akan lebih banyak yang akan dapat memperoleh manfaatnya. 

Misinya adalah untuk mendukung praktik seni, musik, dan suara sebagai sumber inspirasi dan proyek untuk memupuk kreativitas, memberikan dukungan dan pengalaman belajar dan mengajar yang kreatif bagi segala usia, kemampuan, maupun latar belakang. Memperluas dan mengembangkan sumber daya inspiratif dalam lingkungan dan ruang alternatif agar musik dapat hidup diberbagai kalangan dan tempat sebagai karakter yang luar biasa.

2018: Granted for Co-production Fund by Goethe-Institut.
2016: Selected for Eurasian Creaspace Networking (ECN) as creative space between Europe and Asia to visit study at Yunnan University China, Universidad of Valencia Spain, and Berklee College of Music.
2010: Awarded as Young Entepeneur of Indonesia Institute of Art (ISI) Yogyakarta by Bank Mandiri Indonesia.

Donasi

Anda dapat membantu mendukung program-program kami dengan menjadi kreatif producer atau dengan donasi dibawah, sehingga akan lebih banyak pendidik, praktisi, seniman, dan pelajar dapat memperoleh manfaatnya.

Donasi dapat berupa:
1. Dana
2. Buku musik
3. Rekaman fisik
4. Sukarelawan
5. Ide dan pengetahuan
6. Dan donasi lainnya yang relatif dengan musik, seni, dan pendidikan.

Bergabung

Jika Anda seorang guru, pendidik, seniman, fasilitator, ataupun praktisi yang bekerja di bidang senisuara, musik dan pertunjukan kami akan senang berbagi dan membagikan praktik pendidikan anda. Kami percaya dengan saling berbagi, kita semua dapat bekerja sama untuk menginspirasi generasi individu kreatif berikutnya.

Info lebih lanjut silakan cek program kami.

WhatsApp chat Kirim Pesan