article

gitar dan pickup bagaikan penyanyi dan microphone

saya sering mendengar sebuah opini bahwa dalam dunia gitar elektrik, pickup sangatlah berperan besar dalam menentukan tone gitar. saya sering menjumpai orang mengatakan “beli gitar mas, yang biasa-biasa aja, asal dipasang pickup yang bagus, sound akan menjadi bagus juga kok” anggapan tersebut belum sepenuhnya benar. karena pada dasarnya, cara kerja gitar adalah:

  • produksi suara dihasilkan dari getaran dawai gitar dan resonansi antara bagian-bagian yang ada dalam gitar.
  • konstruksi, kualitas, dan material kayu, juga sparepart sangat berpengaruh terhadap kualitas produksi suara gitar yang dihasilkan. sedangkan pickup berfungsi sebagai penangkap suara dan diteruskan ke amplifier.

seringnya gonta-ganti pickup gitar adalah kurangnya pemahaman tentang cara kerja gitar itu sendiri. kalau gitarnya sudah bagus, pakai pickup apapun akan tetap bagus, kalau pakai pickup bagus akan lebih bagus lagi.

untuk gitar bagus itu sendiri tidak selalu gitar yang mahal ataupun buatan luar negri, gitar buatan dalam negripun banyak yang bagus karena dibuat dengan material pengerjaan yang bagus.

dengan sedikit pengetauan lebih dan percaya dengan pendengaran sendiri maka akan dengan mudah mendapatkan gitar idaman. perlu diingat juga, bahwa suara gitar yang bagus bukan hanya berasal dari gitar yang bagus atau peralatan pendukung yang bagus, akan tetapi lebih kepada kualitas permainan sang gitaris sendiri. sama seperti seorang penyanyi, kalalu penyanyinya memang memiliki suara yang bagus, mau pakai microphone apapun akan tetap terdengar bagus.

(iqbalethnictro shop director)